Rabu, 05 Oktober 2011

upacara HUT TNI ke 66 di lapangan Makodam V Brawijaya



Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Gatot Nurmantyo menegaskan pihaknya siap membantu dan menghadapi terorisme bersama kepolisian. Selain itu pihaknya mengaku memiliki alutsista baru diberi nama Anoa.
"TNI siap membantu menghadapi teroris bersama kepolisian. Kita setiap saat latihan," kata Gatota kepada wartawan usai upacara HUT TNI ke 66 di lapangan Makodam V Brawijaya, Rabu (5/10/2011).
Gatot mengaku, saat ini pihaknya mempunyai alutsista baru buatan dalam negeri atau buatan PT Pindad. Yang dimaksud Gatot yakni kendaraan panser yang diberi nama Anoa yang berjumlah 6 unit.
"Alutsista sudah ada yang terbaru. Tadi ada dua Anoa, untuk jumlahnya ada dua," imbuhnya.
Selain itu, kata Gatot, jika ke depan seluruh alutsista yang terbaru akan dibuat di dalam negeri. "Ke depan sesuai kebijakan pemerintah. Secara perlahan tapi pasti semuanya akan menggunakan produk dalam negeri" ujarnya.
Ditanya tentang anggaran alutsista, Gatot menjawab, jika pihaknya tidak mempunyai wewenang. "Untuk anggaran kebijakan panglima TNI tapi yang pasti akan ditingkatkan," pungkas Gatot.
HUT ke-66 TNI hari ini digelar berbagai atraksi selain upacara. Diantaranya simulasi penanggulangan teror yang dilakukan Komando Wanita Angkatan Darat (Kowad), devile peralatan tempur serta atraksi bela diri Yong Mo Doo.
Untuk atraksi yang akan dilakukan prajurit Kowad bercerita tentang penangggulangan teroris yang melakukan penyanderaan di atas angkutan umum.
"Pokoknya seru dan menarik untuk disaksikan, karena kali ini yang melakukan prajurit wanita," kata Kolonel (inf) Sugiyono kepada detiksurabaya.com, Rabu (5/10/2011).
Kepala Penerangan Kodam V Brawijaya ini juga mengatakan, atraksi selanjutnya bela diri yang dilakukan 400 prajurit gabungan secara kolosal atau semua gerakan akan diiringi musik.
"Sedangkan selaku Inspektur Upacara adalah Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Gatot Nurmantyo dan para undangan yang hadir diantaranya Gubernur Jatim dan Muspida Jatim serta petinggi 3 unsur TNI maupun para veteran," ujarnya.
Sementara peralatan tempur yang jarang dikeluarkan TNI juga akan dipamerkan. Diantaranya, 8 unit mobil Pertempuran jarak Dekat (PJD) yang digunakan oleh pasukan elit Kodam V Brawijaya, Batalyon 500/Raider.
Serta ada juga 4 unit tank Scorpion, 10 unit meriam 57 mm milik Arhanudse-8, 8 unit kendaraan lapis baja milik Kaveleri serbu 3, tank AMX 10 milik Marinir TNI AL, meriam Howitzer 122 mm, dan 3 unit helicopter milik Puspenerbal.
Usai upacara, kata Sugiyono, masyarakat diperbolehkan mendekati alat-alat tempur milik TNI.
Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-66 di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo berlangsung khidmat dan lancar. Dentuman meriam Batalyon Howitzer Pasmar 1 sebanyak 17 kali mewarnai detik-detik proklamasi, Rabu (17/8/2011).
Bertindak sebagai inspektur upacara pada upacara HUT RI ke-66 ini adalah Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Sedangkan komandan upacara adalah Letkol Inf Prayat Anwara yang sehari-hari bertugas sebagai Komandan Kodim 031 Surabaya Timur.
Sedangkan petugas pengibar bendara pusaka (Paskibraka) Merah Putih dipimpin oleh Lettu (ADM) Ismid yang sehari-hari bertugas di Kasubsi Minpers Pangkalan TNI AU Surabaya. Paskibraka ini terdiri dari 76 pelajar ini berasal dari 38 kabupaten/kota se-Jatim. Terdiri dari pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45.
Untuk petugas pembawa bendera merah putih adalah Annete Juwita dari SMAN I Kota Blitar sedangkan pengibar bendera adalah Redra Agung Setiawan dari SMAN Jember, dan Rizal Aditya dari SMAN I Kota Kediri serta Ardis Satrisia SMAN I Malang.
Hadir dalam upacara tersebut, Kapolda Jatim Irjen Pol , Pangdam V/Brawijaya Mayjen Gatot Normantiyo, dan Pangarmatim, Ketua DPRD Jawa Timur. Serta Konjen negara tetangga diantaranya, Amerika Serikat, Swedia, Denmark, Jepang dan Cina. Turur hadir pula istri mantan gubernur Jatim M Noer.
Tamu undangan yang hadir juga dihibur dengan lagu-lagu perjuangan oleh siswa-siswi yang berjumlah 900 orang dari SMA dan SMK se Surabaya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms