Rabu, 05 Oktober 2011

Hidup Ala Barat Bisa Picu Penyakit Kanker




Banyak faktor yang bisa 'membangunkan' sel kanker di dalam tubuh kita. Selain faktor keturunan, kebiasaan hidup ala western (budaya barat, red) juga bisa memicu munculnya kanker termasuk kanker payudara.

Western lifestyle seperti mengkonsumsi makan-makanan junkfood, daging dan gorengan masih menjadi dugaan sebagai faktor terbesar pemicu sel kanker. Dan 
sibuk, seperti pulang malam, jarang olah raga serta hidup penuh ketegangan juga termasuk kebiasaan buruk yang justru sering dilakukan sebagian besar masyarakat kota.

"Faktor keturunan cuma 10 persen, sisanya tergantung kebiasaan atau gaya hidup kita," kata spesialis Onkologi, dr Wiwien Ristanto saat berbincang dengan detiksurabaya.com di kediaman Konjen AS Jalan Untung Surapati, Rabu (5/10/2010).

Namun faktor-faktor pemicu kanker itu, lanjut dia, masih belum ada kepastian. Hanya saja dr Wiwien mengimbau masyakarat untuk sadar menjaga kesehatannya. Termasuk untuk sering melakukan screening dan check-up sebelum terlambat kanker mengganas.

Yang perlu diperhatikan adalah kebiasaan gerak tubuh. Seperti memilih bersepeda dan jalan kaki adalah hal baik untuk menghasilkan keringat secara normal. Selain itu, hidup yang santai tanpa dihantui deadline juga menjadi faktor penting dalam perkembangan hidup menuju yang lebih baik.

"Kanker bisa disebabkan oleh multifaktor. Yang perlu kita lakukan adalah menjaga hidup supaya tetap tenang dan damai tanpa keresahan yang berlebihan



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms